14 Mei 2011

Tips Memilih Gitar Elektrik

Berikut ini merupakan prinsip-prisip yang saya pegang dalam pilih memilih gitar elektrik.Jadi,merupakan pegangan pribadi,bisa saja cocok,bisa juga tidak.hhe...

1.Sebelum membeli gitar elektrik caritahu terlebih dahulu informasi-informasi mengenai harga gitar agar nantinya dapat menyiapkan budget yang sesuai.

2.Cobalah gitar yang temen-teman minati.Gitar mana yang terasa nyaman apabila dimainkan oleh teman-teman.

3.Ada baiknya menyesuaikan fisik kita dengan gitar yang akan dibeli.Maksudnya,jika teman-teman memiliki postur tubuh yang besar dan tangan yang besar,pilihlah gitar yang ukuran necknya lebar,demikian juga sebaliknya.hal ini akan sangat berpengaruh kenyamanan dan kualitas permainan gitar teman-teman nantinya.

4.Periksalah "kesehatan" fisik gitar.Misalnya: ada atau tidaknya body yang lecet,neck miring atau tidak,coil (spuel) terpasang dengan rapi atau tidak,tuner (pengatur untuk melonggarkan atau mengetatkan senar) berfungsi dengan baik atau tidak,aa atau tidaknya fret yang lebih tinggi atau lebih rendah (caranya dengan mengecek satu per satu di semua fret yang ada),dsb.

5.Cobalah menyambungkan gitar ke ampli,
apakah ada terdengar noise?
Biasanya bunyinya "whiiiitttt.." atau "ngeeeeekkkk" atau suara lain yang tidak enak didengar dan terkesan ribut ( pastinya gak ada suara abang penjual bakso ya!hha...).Apabila ada noise lebih baik tidak usah dipilih.

6.Gitar dengan tipe single coil dan double coil (humbucker) akan memiliki jenis suara yang berbeda.jadi,pastikan mana yang teman-teman lebih sukai.

Single Coil

Double Coil










7.Saya pribadi ttidak akan membeli gitar tremolo jika harganya di bawah 1,8jt karena biasanya memiliki kualitas yang rendah dan sangat mempengaruhi senar,bisa jadi steman gampang hancur bahkan gampang putus senar.

8.Jangan tergila-gila dengan merk terkenal dengan harga murah.belum tentu gitar tersebut adalah gitar asli.jadi,pandai-pandailah melihat mana yang asli dan mana yang tidak.

9.Satu lagi,tips yang paling ampuh menurut saya adalah mengajak teman yang paham mengenai gitar listrik untuk membantu kita memilih gitar elektrik yang bagus sesuai budget.

Sekian,semoga bermanfaat.

Sumber gambar: Goole.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar