20 April 2011

Pembajakan di Somalia

Akhir-akhir ini dunia telah ramai membicarakan kasus pembajakan menyusul dibajaknya sebuah kapal Sinar Kudus yang merupakan milik Indonesi dan seluruh awak kapalnya adalah orang Indonesia.Tentu saja hal ini sangat meresahkan terutama bagi bangsa Indonesia sendiri termasuk saya yang emosi mendengarnya.ckck...
Para pembajak somalia ini memang jahat ya,ya iyalah...namanya juga pembajak.hhe...

Kapal Sinar Kudus yang berawakkan 22 orang warga Indonesia ini dibajak pada tanggal 16 Maret 2011 di pantai Eil (Somalia) saat membawa nikel senilai Rp1,4 Triliun dari Pomalaa,Sulawesi Utara menuju Rotterdam,Belanda.Berarti sudah 1 bulan lebih kapal Indonesia ini dibajak.

Indonesia bukanlah negara pertama yang menjadi korban para pembajak Somalia ini.Banyak negara yang pernah jadi korban dan bertikai dengan para pembajak dari Somalia yaitu Taiwan,Korea Selatan,Malaysia,Amerika Serikat,dll.

Jika dilihat lagi,aksi pembajakan ini marak karena didukung lemahnya kekuasaan dan peran pemerintah Somalia sendiri bahkan saya mendengar dari sebuah berita di TV swasta bahwa persenjataan pemerintah Somalia sendiri masih kalah dari para pembajak sehingga pemerintah Somalia sangat terbuka bagi negara mana yang mau ikut berperan menumpas para pembajak ini.Walah..walah...
Mayoritas penduduk pesisir Somalia sangat mendukung pembajakan karena mereka menganggap negara-negara asing telah banyak meraup keuntungan dari laut Somalia yang kaya padahal rakyat Somalia sendiri masih miskin,jadi mereka membajak sebagai balas jasa dari negara-negara lain.Hasil pembajakan ini digunakan untuk konsumsi,membeli barang-barang mewah,dan pastinya membeli senjata lagi.

ckckck...
Keadaan yang sangat parah.Kalau saya sih hanya bisa berdoa saja agar para pembajak ini dapat ditumpas dengan tuntas sehingga ada rasa aman bagi para kapal yang melakukan perjalanan melewati daerah Somalia.Tak lupa juga mari kita doakan agar kapal Sinar Kudus dan awaknya yang dibajak dapat dibebaskan dengan selamat dan secepat mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar