13 Juli 2013

PERSIAPAN SEBELUM MENGIKUTI PSIKOTEST

Psikotest merupakan salah satu test kerja yang hampir selalu ada bahkan berdasarkan pengalaman, semua test kerja yag saya ikuti selalu ada psikotestnya. Secara umum, tentu kita harus melalui semua test yang ada agar mendapat pekerjaan yang kita lamar, gagal di salah satunya berarti gagal melanjut. Psikotest adalah salah satunya. Hasil psikotest tergantung pada tingkat intelejensi seseorang namun tentunya ada persiapan-persiapan yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kemampuan kita sebelum mengikuti psikotest. Diantaranya :


1. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat membuat tubuh kita terasa lemas dan yang paling fatal, dapat mengurangi kemampuan konsentrasi kita. Psikotest menuntut kita untuk dapat berkonsentrasi dengan baik. Tidurlah yang cukup, jangan kurang atau berlebih karena keduanya kurang baik.

2. Mempelajari Contoh-Contoh Soal Psikotest.

Ada yang bilang, belajar atau tidak, tidak akan ada pengaruhnya karena hal itu tergantung pada kemampuan bawaan dari otak, kalau memang “otak lemot” biarpun belajar hasilnya sama saja. Bagi saya hal tersebut tidak tepat. Kita perlu belajar dari contoh-contoh soal yang ada agar kita mengetahui teknik yang tepat dan memahami tipe-tipe soal psikotest. PRACTICE MAKES PERFECT!

3. Bertanya ke Forum-Forum Diskusi di internet.

Hal ini tidak dapat disepelekan karena banyak hal yang akan didapat dari orang-orang yang telah mengalami secara langsung. Tentunya sharing-sharing dari mereka tidak bisa disepelekan.

4. Belajar Konsentrasi.

Sebelum test, kita dapat memulai untuk bisa konsentrasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menulis kalimat dengan huruf yang sekecil-kecilnya. Cobalah sekecil yang Anda bisa dan lakukan beberapa kali. Tentunya saat melakukan hal tsb kita menjadi berusaha konsentrasi.

5. Persiapkan Peralatan yang dibutuhkan.

Sebelum test siapkan hal-hal yang dibutuhkan dengan baik. Biasakan mengecek kelengkapan sebelum berangkat. Mis : papan komputer, penghapus, pensil 2B atau HB, pulpen, rautan, dll agar tidak merepotkan dan merugikan diri sendiri nantinya.

6. Jangan Lupa Berdoa.

Sekian sharing-sharing saya, tips-tips tersebut hanya berdasarkan pengalaman saya pribadi. Perbanyaklah mencari referensi dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat!





Sumber gambar : Google

1 komentar: